Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan

Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan
===================================






Kemiri merupakan tumbuhan yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan bijinya digunakan sebagai rempah-rempah dan sumber minyak. Sejak lama minyak kemiri menjadi salah satu bahan herbal yang baik untuk kesehatan tubuh. Populer di Indonesia dalam mengatasi masalah kesehatan rambut karena memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan rambut. Minyak kemiri diambil dari biji kemiri dengan cara diperas dan banyak metode lainnya.




Kandunganya sangat banyak dan kebanyakan bagus untuk rambut, diantaranya zat nongzi, zat gizi, falvonoida, saponin dan polifenol. Memang minyak ini dikenal sangat baik untuk rambut, tetapi bukan itu saja manfaatnya, ada begitu banyak manfaat selain menyuburkan rambut dan Anda dapat melihat berikut adalah manfaat dan khasiat minyak kemiri untuk kesehatan.
1. Sebagai Obat Demam

Demam merupakan usaha tubuh dalam mengatasi virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Sekarang, dalam mengatasi demam cukup dengan melakukan kompresan atau obat saran dokter. Namun Anda juga dapat menggunakan minyak kemiri sebagai obat demam, caranya siapkan minyak kemiri secukupnya, campurkan dengan 15 gr akar pulutan kemudian rebus dan saring lalu diminum.
2. Sebagai Obat Disentri

Sejak lama kemiri memang dikenal sebagai obat disentri yang manjur, minyaknya kebanyakan diolah menjadi obat disentri. Caranya cukup mudah, siapkan 20 gr kulit batang kemiri dan direbus dengan air 400 cc sampai tersisa setengah yaitu 200 cc, saring dan minumlah saat sudha dingin. Minum secara rutin dan teratur membantu dalam mempercepat penyembuhan disentri.
3. Mengatasi Sakit Gigi

Anda yang sedang sakit gigi dan ingin mencoba alternative pengobatan tradisional terbukti ampuh, cobalah untuk menggunakan minyak kemiri dalam pengobatan Anda. Cukup dengan menggunakan minyak kemiri dioleskan pada gusi atau dapat menggunakan getah kemiri yang ditempelkan pada gigi sakit.
4. Sebagai Obat Demam Anak

Demam dewasa dan demam anak-anak adalah dua jenis demam yang berbeda. Kadang kala metode yang kita pakai dalam mengatasi demam orang dewasa tak berhasil dalam mengatasi demam anak. Jangan khawatir, cobalah dengan minyak kemiri yang terbukti ampuh mengatasi demam anak. Namun karena system daya tahan anak terbilang masih dalam pengembangan, untuk mengatasi hal yang tidak-tidak maka konsultasi dulu kedokter.
5. Sebagai Obat Gosok

Minyak kemiri juga dapat dijadikan minyak gosok yang banyak memberikan khasiat untuk tubuh. Ampuh dalam mengatasi pegal-pegal, masuk angin dan lainnya. Caranya mudah, cukup lakukan pemijatan jika tubuh terasa pegal atau masuk angin seperti saat mengurut biasa.
6. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau penyakit susah tidur dapat diatasi dengan mudah menggunakan manfaat minyak kemiri yang ampuh meningkatkan kualitas tidur Anda. Melatolin yang terdapat pada minyak kemiri membantu dalam membuat tidur lebih lelap dan terasa nikmat. Lakukan hal ini sebagai kebiasaan Anda dan insomnia perlahan akan hilang dan Anda dapat menikmati hari esok lebih ceria.
7. Ampuh Atasi Infeksi Jamur

Jamur dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, atasilah menggunakan minyak kemiri yang ampuh mengatasi tumbuhnya jamur. Jamur tak bisa didiamkan begitu saja karena bisa menimbulkan banyak penyakit seperti masalah kulit atau lainnya. Caranya adalah oleskan pada bagian tubuh yang terkena jamur dan dalam beberapa hari Anda sudah bisa melihat hasilnya.
8. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Obat yang mengatasi masalah pencernaan banyak yang beredar di apotik-apotik dan semuanya kebanyak dibuat dari minyak kemiri. Manfaat minyak kemiri satu ini dapat Anda rasakan untuk mengatasi masalah seperti sakit perut, diare, maag, sembelit, kembung dan lainnya.
9. Mencegah Kolestrol Jahat

Fitosterol membantu dalam membasmi enzim pembentuk kolestrol jahat yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Gunakanlah minyak tanaman kemiri yang bagus dalam atasi kolestrol jahat yang merajalela dalam tubuh.
10. Dapat Mengencangkan Kulit

Kulit yang kencang menjadi buruan semua orang, manfaat minyak kemiri selanjutnya adalah membantu mengencangkan kulit karena kandungan vitamin E yang banyak didalam minyak sehat membantu untuk merawat kulit Anda.

Komentar